Senin, 26 November 2012

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Penyimpanan computer ada dalamdua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi intergrated circuit untuk menyediakan random access memory (RAM), ready-only memory (ROM).
1.       Arsitektur Komputer
Unit yang paling penting adalah central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua uint system computer yang lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakupsuatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer, biasanya disebut main memory. Istilah perangkat lunak digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali membuat semuaunit bekerja sama sebagai suatu system. Arithmetic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Processor digunakan untuk menggambarkan control unit dan ALU yang mengelola isi penyimpanan primer.
Satu atau beberapa unit input memasukkan data kedalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer terbatas kapasitasnya, diperlukan suatu area penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak dan data yang disimpan disebut database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh unit output.
2.         Peran Alat Input dan Output dalam Pemecahan Masalah
Seorang manajer sering tampak menggunakan keyboard dan layar tampilan, dan mungkin printer dan plonter, dalam memecahkan masalah. Keyboard dapat dilengkapi alat penunjuk yang memudahkan perpindahan cursor. Alat input dan output ini menyediakan hubungan komunikasi antara manajer dan computer dan karenanya berperan langsung dalam pemecahan masalah.
Source data automatic device memungkinkan pemasukan data yang cepat dan akurat, yang selanjutnya memungkinkan database yang akurat dan mutakhir. Alat input ini berperan tidak langsung dalam pemecahan masalah. Dengan cara yang serupa, banyak alat output yang mempengaruhi pemecahan masalah secara tidak langsung. Misalnya, seorang manajer mungkin meminta anggota stafnya untuk mengumpulkan informasi dari laporan-laporan dalam microfilm dan menyajikan ringkasannya dalam bentuk grafik.



sumber : Buku SIM pengarang Raymond McLeod, Jr          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar